Seleksi 3G Munculkan Dua Pemenang?

Posted: Oktober 9, 2012 in News , Lifestyle , And Comunication

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) boleh saja belum memastikan kapan menggelar seleksi third carrier untuk kanal 3G di rentang frekuensi 2.1 GHz. Namun disinyalir, Kominfo lebih memilih untuk mencari dua pemenang dari sisa dua blok yang diperebutkan.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika M.Budi Setiawan mengatakan, secara pribadi, ia lebih memilih untuk melihat ada dua operator yang memenangkan blok tersebut.

Pasalnya, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap persaingan di industri seluler agar lebih sehat. Ketimbang, ada satu operator yang sangat perkasa dengan menguasai empat blok 3G sekaligus.

“Saya lebih suka nantinya keluar dua pemenang ketimbang satu pemenang memborong dua blok frekuensi,” kata Iwan, panggilan akrabnya.

“Pak menteri (Menkominfo Tifatul Sembiring-red.) sendiri menyiratkan lebih prefer dua pemenang. Meski tidak ngomong langsung, tapi dari pernyataan beliau yang menegaskan jika ini seleksi untuk ‘third carrier‘, jadi sepertinya beliau juga lebih memilih dua pemenang,” lanjutnya.

Sementara dari sisi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), munculnya satu atau dua pemenang dalam seleksi 3G pun sama saja. Memang, hal ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kontribusi pajak dan biaya-biaya yang lain.

“Operator yang memborong dua blok 3G sisa ini pasti akan langsung jor-joran membangun infrastruktur. Sedangkan yang lainnya gak bisa, frekuensi ini kan sumber daya terbatas,” Iwan menandaskan.

Menkominfo Tifatul Sembiring sendiri belum secara tegas menegaskan posisinya, memihak satu atau dua pemenang. Ia hanya menegaskan bahwa frekuensi adalah sumber daya terbatas, dimana operator akan memiliki keuntungan yang sangat besar saat ingin menghadirkan layanannya kepada pelanggan jika memiliki frekuensi yang lebih banyak ketimbang pesaingnya.

“Tapi untuk memilih pemenang seleksi 3G ini kan tidak sembarangan. Kita mesti lihat dulu track record, kebutuhan, serta faktor lainnya,” ujar Tifatul, ketika ditemui belum lama ini.

“Dulu ada first carrier, second carrier, dan sekarang third carrier,” pungkasnya, seraya ingin menegaskan jika seleksi ini adalah kanal ketiga buat operator pemenangnya.

Seleksi 3G sendiri dipastikan menkominfo akan tetap digelar pada tahun ini. Meskipun Telkomsel — sebagai calon peserta seleksi 3G — tengah terbelit dalam proses hukum setelah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Pun demikian, Tifatul berkeyakinan kasus hukum yang menjerat Telkomsel akan segera usai dan seleksi 3G bisa langsung digelar sebelum tahun 2012 usai.

Kehadiran Telkomsel dalam seleksi ini memang patut ditunggu. Anak usaha Telkom itu jadi operator ngotot untuk mendapatkan dua blok 3G sekaligus yang diperebutkan. Ia pun harus bersaing dengan Indosat, XL, Axis dan Tri yang cuma berhasrat untuk mendapatkan satu blok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s