Indosat Geber 3G 900 di Padang

Posted: Oktober 9, 2012 in News , Lifestyle , And Comunication

Setelah cukup lama dinanti, layanan 3G Indosat akhirnya bisa dinikmati pengguna seluler di Padang. Anak usaha Qatar Telecom itu langsung menggeber 3G di frekuensi 900 MHz.

Indosat baru saja mendapatkaan penambahan lisensi seluler yang mengizinkan operator tersebut menyediakan 3rd Generation Partnership Project (3GPP) di 900 MHz atau disebut 3G 900.

Keputusan itu diteken Menkominfo Tifatul Sembiring pada 31 Agustus 2012 lewat Surat Keputusan No. 504/KEP/M.KOMINFO/08/2012.

Lisensi tersebut nyatanya langsung dioptimalkan Indosat dengan melakukan modernisasi jaringan lewat penyediaan layanan seluler broadband di daerah Padang dan Bukittinggi.

Terlebih, menurut Group Head Network Quality & Surveillance Group Network Directorate Indosat Mirza Helmi, jaringan 3G operator yang identik dengan warna kuning itu sebelumnya memang belum menyentuh wilayah Padang.

Namun dengan modernisasi jaringan yang dilakukan, saat ini wilayah Padang dan Bukittinggi sudah diselimuti oleh 52 unit BTS 3G 900. Ada 3 unit BTS lagi yang disiapkan untuk tahun ini, jadi nanti totalnya ada 55 unit BTS 3G 900 yang akan mengcover dua kota besar di Sumatera Barat tersebut.

“Ini kita masih softlaunch. Tapi pengguna di wilayah Padang dan Bukittinggi sudah bisa menikmatinya, selama ponsel mereka mendukung di 900 MHz,” lanjut Mirza, dalam acara test drive jaringan Padang-Bukittinggi.

Ada 10 MHz lebar pita yang didapatkan Indosat di spektrum 900 MHz. Rencananya sekitar 5 MHz akan dialokasikan untuk teknologi 3G (UMTS) dan 5 MHz sisanya lagi untuk GSM.

“Dibanding layanan yang bermain di frekuensi atas (2.1 GHz-red) untuk 3G 900 memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya, bisa meredam interferensi lebih tinggi dan (pancaran sinyalnya) mampu penetrasi ke dalam gedung-gedung,” ungkap Mirza.

Bagaimana soal kecepatan? Dalam drive test jaringan yang dilakukan sepanjang Padang-Bukittinggi, akses 3G 900 Indosat cukup mentereng. Bahkan di beberapa titik sempat menembus angka 5 Mbps untuk download dan 2 Mbps untuk upload.

“Dengan kecepatan ini mau akses YouTube dijamin tanpa buffering. Langsung ngebut aksesnya, silakan saja dijajal” klaim Mirza.

Kenapa Padang?

Indosat mengaku, memilih Padang lantaran kota Minang memiliki potensi pengguna layanan 3G yang menjanjikan. “Orang Padang banyak yang akses data melalui BlackBerry dan dongle, dengan Indosat 3G 900 diharapkan dapat lebih naik lagi adopsinya,” kata Mirza.

Sementara menurut Direktur Utama Indosat Harry Sasongko, Sumatera Barat dipilih sebagai kota pertama 3G 900 Indosat lantaran dianggap sudah cukup mampu untuk merangkul teknologi modern.

Indosat sendiri sudah memiliki sekitar 300 ribu pelanggan di Padang, dimana 20% memiliki perangkat yang bisa mengakses 3G di 900 MHz.

“Kami berharap okupansi (pemanfaatan-red.) 3G 900 Indosat bisa mencapai 50-60% dari kapasitas yang tersedia,” pungkasnya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Muhammad Budi Setiawan berjanji akan mengawasi uji coba layanan 3G Indosat di 900 MHz.

Terutama untuk memastikan bahwa Indosat tidak mematikan teknologi lama (2G), setelah masuknya teknologi baru (3G).

“Pemerintah akan melakukan peninjauan kembali hingga pencabutan izin, apabila dalam uji coba tersebut layanan 2G di frekuensi 900 MHz menjadi lambat atau mati,” pungkasnya.

Super 3G+

Super 3G+ menjadi merek andalan Indosat untuk memasarkan 3G 900. Layanan ini diklaim akan menawarrkan akses data dengan kecepatan tinggi dan kuota pemakaian lebih besar.

Indosat Super 3G+ memberikan keleluasaan pelanggan berselancar di dunia maya di jaringan 2G ataupun 3G dengan kecepatan hingga 7.2 Mbps dan quota terbesar sampai 7.5 GB.

Indosat menyediakan 3 pilihan paket kuota, yaitu paket harian Rp 2.000, paket mingguan Rp 10.000 dan paket bulanan mulai Rp 25.000 sampai Rp 200.000. Bagi pelanggan Pascabayar dan Prabayar Indosat (Mentari dan IM3) yang ingin menikmati Layanan Indosat Super 3G+ dapat melakukan aktifasi dengan cara tekan *123*4*1#.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s