Komparasi Spesifikasi Mio J dan Soul GT, Beda Desain dan Fitur

Posted: Mei 12, 2012 in Otomotif

Yamaha Soul GT sudah mulai dipasarkan. Harganya dilepas Rp 13,9 juta on the road Jakarta. Terpaut lebih dari Rp 1 juta dibanding Mio J. Mio J paling murah dilepas Rp 11,99 untuk versi jari-jari. Sedang Mio J yang menggunakan pelek palang dijual Rp 12,8 juta dan Rp 12,93 juta untuk Mio J Teen.

Beda Rp 1 jutaan, beli Soul GT dapat apa? Nah, dari pada penasaran yuk kita langsung jejerkan keduanya. Intip satu persatu nilai lebih pada Yamaha Soul GT.

Desain
Ini yang paling membedakan antara Mio J dan Soul GT. Soul GT dibuat jauh lebih “laki”. Sesuai target konsumen yang disasarnya, Soul GT memang diperuntukan bagi pengendara pria, sedang Mio J untuk keluarga.

Matik baru Yamaha ini memiliki desain yang terinspirasi muscle car. Identitas paling menonjol bisa dilihat dari bentuk lampu depan yang terinspirasi dari grill depan mobil Amerika. Lampu senja Soul GT yang berbentuk angel eye juga membuatnya lebih menarik.

Fitur
Selain desain, beberapa fitur memang terlihat sangat berbeda. Mulai dari konsol di bawah setang. Pada Soul GT ada dua kanan dan kiri, sedang Mio J hanya satu. Tapi bagasi di bawah jok tetap sama besarnya.

Rumah kunci kontak dengan pengaman bermagnet juga punya perbedaan. Pada Mio J dimudahkan karena untuk menutup lubang kunci bisa dilakukan dengan memutar rumah kunci ke kiri. Tapi di Soul GT lebih mudah lagi!

Untuk menutup lubang kunci bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol merah. Selain itu, untuk membuka jok juga tidak perlu mencabut anak kunci. Cukup putar ke kiri dari posisi Off.

Mesin
Secara teknologi, mesin Soul GT sama seperti Mio J. Mesinnya 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin udara dan berkapasitas 113 cc. Tenaganya mencapai 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Begitu juga dengan teknologi injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang diusung keduanya juga sama. Kedua motor ini juga telah mengadopsi forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin.

“Secara spesifikasi mesin memang tidak jauh berbeda,” jelas M. Abidin, General Manager Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Meski begitu konsumsi BBM-nya diklaim sedikit berbeda.

Soul GT mampu menempuh jarak 51,9 km dengan satu liter bahan bakar. “Selisih sedikit dengan Mio J yang bisa 52 kilometer per liter. Sedikit berbeda karena Soul GT memiliki bobot yang lebih berat dari Mio J, ada perbedaan sekitar 1 kilogram,” ungkap Abidin ketika ditemui di sela peluncuran Soul GT awal bulan April lalu.

Rangka dan Kaki-kaki
Lagi-lagi untuk yang satu ini juga hampir tidak ada yang berbeda. Wheelbase sama-sama 1.260 mm, ground clereance juga tetap 130 mm. Tinggi joknya juga persis ada di angka 745 mm.

Jok yang sama rendahnya ini memberikan kenyamanan pada pengendara karena lebih santai saat berhenti. Kaki tidak perlu terlalu menjinjit. Panjang jok juga dirasakan sama saja. Posisi kaki untuk pembonceng juga sama-sama nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s