Redakan Radang Amandel dengan Teh Hijau

Posted: Maret 25, 2012 in Kesehatan

Radang amandel bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi radang amandel yang dialami, salah satunya dengan mengonsumsi teh hijau.

Amandel terletak di belakang mulut, melapisi sisi tenggorokan. Jika ada bakteri atau virus yang menginfeksi, maka amandel jadi sakit yang sering disertai dengan iritasi, kemerahan, peradangan dan tenggorokan terasa gatal.

Meski begitu studi menemukan teh hijau bisa membantu melawan bakteri dan virus sehingga mengurangi peradangan dan menenangkan iritasi yang ada, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (24/3/2012).

Peneliti dari Iowa State University menuturkan teh hijau mengandung katekin, yaitu antioksidan yang bisa meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan protein khusus yang menyerang virus dan bakteri.

Teh hijau bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan memerangi infeksi bakteri dan virus yang bisa menyebabkan amandel bengkak. Dan peneliti dari University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk konsumsi teh hijau bebas kafein untuk tingkatkan imunitas.

Selain itu teh hijau juga bisa bertindak sebagai anti-inflamasi dan berpotensi mengurangi rasa sakit pada amandel. Antioksidan Epigallocatechin gallate atau EGCG bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh termasuk amandel.

Serta teh hijau memiliki sifat dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta membantu mengurangi dan menetralisir bakteri yang terjebak dalam kantong amandel yang bisa menyebabkan infeksi.

Direkomendasikan untuk mencampur 1 sendok teh teh hijau dengan 1 cangkir air mendidih dan didiamkan selama 10 menit. Untuk memaksimumkan kekebalan tubuh dan meningkatkan manfaatnya disarankan konsumsi 2-4 cangkir teh hijau setiap hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s