Agar Tetap Sehat Saat Cuaca Tak Menentu

Posted: Februari 11, 2012 in Kesehatan
img
img(Foto: thinkstock)

, Saat cuaca tak menentu seperti ini kadang hujan dan panas maka tubuh menjadi sangat rentan mengalami penyakit. Infeksi saluran pernapasan seperti flu, sakit tenggorokan atau pilek paling banyak dialami orang.

Bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat meski cuaca tidak bersahabat?

Cuaca tak menentu yang kadang panas terik atau hujan badai sering membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun drastis. Hal ini membuat virus-virus penyakit menyebar dengan mudah, terlebih bila Anda tak pintar-pintar menjaga kondisi badan.

Seperti dikutip dari tulisan Dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, Jumat (21/1/2011), berikut beberapa siasat jitu yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat menghadapi perubahan cuaca:

1. Hindari kontak udara dingin
Hindari kontak langsung dengan udara dingin, jika perlu gunakan jaket saat di ruangan ber-AC atau saat merasakan udara dingin baik didalam maupun diluar ruangan. Suhu udara yang menjadi turun memungkinkan Anda tidak perlu menghidupkan AC di malam hari atau AC disetting dengan suhu 25 derajat celsius.

2. Tidur cukup
Tidur yang cukup minimal 6 jam per hari secara komulatif. Misalnya, bila Anda tidur hanya 5 jam di malam hari, cobalah mencuri-curi waktu tidur di tengah hari selama 1 jam, sehingga mencukupi waktu tidur komulatif 6 jam per hari.

3. Perbanyak makan buah dan sayur
Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran baik di kantor maupun di rumah. Pastikan di mobil dan kendaraan ada stok buah, seperti apel, jeruk atau pir yang disediakan setiap hari. Usahakan mengonsumsi salad atau gado-gado untuk mengganti jatah makan, baik pagi, siang atau malam.

4. Olahraga teratur
Lakukan olahraga ringan setiap hari, minimal 15 atau 30 menit setiap hari misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda, drible bola, berenang dan olahraga ringan lainnya.

5. Hindari makanan berlemak, manis dan dingin
Kurangi makanan yang berlemak seperti coklat, keju dan daging merah. Juga makanan dan minuman yang manis dan dingin, serta gorengan yang dapat mengiritasi tenggorokan dan dapat mencetuskan radang.

6. Minum yang cukup
Cuaca yang dingin sering membuat orang tidak haus dan mengurangi minum. Sebaiknya tetap pertahankan agar tetap minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

7. Konsumsi multivitamin
Jika Anda merasa hari makanan dan minuman kurang mengandung vitamin atau antioksidan, maka Anda bisa mengambil manfaat vitamin dari suplemen multivitamin.

8. Berpikir positif untuk berbagai hal
Menanggapi pemberitaan yang ada, jika Anda tidak suka lebih baik dihindari.

“Buat saya karena pekerjaan saya, saya memaksakan diri untuk membaca berita dan topik hangat yang ada di tengah masyarakat setiap harinya. Ini saya lakukan saat saya ada di kendaraan. Bagi masyarakat jika berita-berita tersebut membuat tambah pusing dan membuat kesal lebih baik dihindari. Lebih baik baca berita olah raga saja. Jangan sampai pemberitaan di media mengganggu suasana hati kita,” jelas Dr Ari.

Meski cuaca tak bersahabat, tapi rutinitas tetap menanti dan Anda tentu harus bekerja untuk kehidupan. Oleh karena itu, tubuh harus tetap sehat. Jagalah kesehatan Anda dengan baik,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s