VW Beetle E-Bugster, ‘Si Kodok’ Bertenaga Listrik

Posted: Januari 10, 2012 in Otomotif

Setelah memperkenalkan Beetle Ragster Concept di Amerika Utara tahun 2005 silam, VW kembali merilis generasi kedua Beetle konsep dengan garis atap yang lebih rendah dan menambahkan nama ‘Ragtop’ dan ‘Speedster’.

Konsep serupa tersebut diperkenalkan di Detroit Motor Show 2012, lebih tepatnya disebut E-Bugster, kepanjangan dari ‘E’ sebagai electric (listrik), ‘Bug’ julukan Beetle di AS, dan ‘ster’ untuk pelari cepat. Dengan kata lain, VW E-Bugster adalah ‘si kodok’ bertenaga listrik yang mampu berlari cepat.

VW E-Bugster adalah sebuah coupe yang terlihat cukup mengesankan berkat atap yang jauh lebih rendah, pilar A hitam, pilar lebar C dengan paduan velg alloys 19-inci.

Namun VW belum memberikan informasi apakah nantinya mobil tersebut masuk produksi dalam waktu dekat atau sebatas konsep. Bagian yang paling menarik sebenarnya tersembunyi di balik body-nya. Namun kemungkinan besar Bugster akan hadir dalam produksi massal karena punya beberapa kelebihan.

Sistem propulsinya berkekuatan dari 85 kW (114 HP) yang berasal dari motor listrik yang bersumber dari baterai lithium-ion yang terpasang di bawah lantai bangku belakang, yang mengingatkan tata letak dapur pacu asli Beetle.

Namun, di situlah letak kemiripan, termasuk pada E-Bugster E listrik, yang memiliki emisi nol, dan berdaya jelajah 160 km (100 mil) untuk sekali pengisian baterai. Baterai dapat diisi ulang melalui sebuah plug yang terletak di bawah logo VW dan kompatibel untuk pengisian cepat 120V dan 240V, dan dalam tempo 30 menit baterai dapat terisi sebanyak 80 persen.

VW mengatakan, sistem propulsi listrik “Blue-e-motion” akan digunakan untuk kendaraan listrik masa depan, seperti halnya VW Golf Blue-e-Motion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s