Slipknot Band Pelopor New Wave Of American Heavy Metal

Posted: Januari 7, 2012 in Sports And Entertainment

Slipknot dipandang sebagai pelopor New Wave of American Heavy Metal. Musik dan lirik mereka dipengaruhi oleh berbagai gaya dan band, seperti misalnya hard rock dan band-band metal seperti : “Kiss”, “Black Sabath”, “Slayer”, “Judas Priest”, “Korn”, “Metallica”, “White Zombie”, “Led Zeppelin” dan “Beastie Boys”. Slipknot juga dianggap sebagai band Nu Metal, tapi mereka menganggap musik mereka jauh dari “Korn” maupun “Limp Bizkit”.

Slipknot terbentuk pada September 1995 oleh Anders Colsefni dan Shawn Crahan di Des Moines, Iowa. Saat itu mereka berdua adalah drummer (untuk sementara Anders mengambil posisi vocal), dan mereka ingin membentuk sebuah band baru dengan ekstra perkusi. Kemudian Anders mengajak Paul Gray yang saat itu sedang berada di LA. Dengan personil 3 orang mereka sudah menulis lagu “Slipknot” dan “Gently”. Tapi akhirnya Shawn Crahan kewalahan juga. Mereka pun meminta bantuan Mantan gitaris “Body Pit”, Donnie Steele dan Quan Nong (eks Heads On The Wall).

Kemudian mereka mulai berlatih di bawah nama “Meld”, tapi hanya beberapa kali sesi latihan Quan Nong keluar karena merasa tidak sealiran. Kemudian Paul mengajak Joey Jordison. Pada awalnya Joey enggan untuk bergabung dengan band ini. Tapi setelah dia melihat mereka latihan dan mendengarkan lagu-lagu mereka, Joey pun mulai tertarik dan langsung ikut sesi latihan ini. Hanya beberapa menit setelah Joey bergabung mereka sudah berhasil membuat beberapa lagu, termasuk : “Killers Are Quiet”, “Do Nothing Bitchslap”, “Confessions”, “Some Feel”, “Part Of Me” dan “Tattered And Torn”. Untuk posisi gitar yang kosong, mereka merekrut Josh Brainard {pentolan band Modifious).

Show pertama mereka adalah dua bulan setelah Josh bergabung (November 1995). Itu adalah satu-satunya show mereka bersama Donnie Steele. Mereka bermain di bawah nama “Pyg System and Meld” sebelum akhirnya semua personil sepakat dengan nama “Slipknot”. Di sepakati juga tentang kostum dan topeng masing-masing personil (kecuali Donnie).

Selama pasca produksi proyek pertama mereka, “Mate, Feed, Kill, Repeat” (MFKR) terjadi perubahan besar dalam Sipknot. Donnie Steele keluar dan di gantikan oleh Craig Jones, teman Joey di “Modifious”. Kemudian Mick Thomson (mantan personil “Body Pit”) masuk dan menggeser Craig Jones ke sampler. MFKR selesai pada akhir Oktober 1996 dan di kirim ke banyak orang, salah satunya adalah Sophia dari sebuah stasiun radio lokal KKDM. Sophia sangat menyukai band baru ini dan memasukkannya dalam sebuah festival band yang di adakan oleh radio ini. Dalam festival ini Slipknot berhasil mengalahkan “Stone Sour”, “Maelstrom” dan “Black Caesar”. Sophia menjadi manajer pertama Slipknot, karena kecintaannya pada band ini.

Tak lama kemudian Joey, Shawn dan Mick memaksa Corey Taylor, personil band saingan, “Stone Sour” untuk bergabung dengan Slipknot. Dan lagu pertama yang di tulis Corey bersama Slipknot adalah “Me Inside”. Bergabungnya Corey menyebabkan Anders kembali memegang perkusi dan backing vocal. Lalu pada show berikutnya Anders mengundurkan diri. Kemudian Greg Welts masuk menggantikan Anders.

Februari 1998, produser Ross Robinson menawarkan untuk memproduksi album Slipknot. Segera sesudah itu, mereka merekrut DJ Sid Wilson. Slipknot menandatangani kontrak publik dengan Roadrunner Records pada 8 Juli 1998. Tapi dua hari sebelumnya mereka memecat Greg Welt. Dan mereka menolak untuk memberikan penjelasan mengenai hal ini. Kemudian posisi Greg di gantikan oleh Chris Fehn sebelum mereka berangkat ke Malibu, California untuk rekaman album debut mereka pada September 1998.

Saat kembali ke Des Moines untuk liburan Natal, Josh mengundurkan diri dari band karena merasa tidak senang dalam band itu. Kemudian Slipknot Merekrut James Root dan kembali ke Malibu untuk melanjutkan proses rekaman. Akhirnya debut album pertama “Slipknot” selesai dan dirilis pada 29 Juni 1999. Pada awal tahun 2000 album ini mendapatkan platinum. Album kedua, Iowa dirilis pada 28 Agustus 2001.

Karena konflik antar personil, Slipknot hiatus pada pertengahan tahun 2002. Selain itu beberapa personil juga sibuk dengan proyek sampingan masing-masing. Corey Taylor dan James Root berusaha menghidupkan kembali bandnya, “Stone Sour”. Joey Jordison membentuk band baru, “Muderdolls”. Shawn Crahan membentuk “To My Surprise”. DJ Sid Wilson bersolo karir sebagai DJ Starscream. Saat itu masa depan Slipknot tidak jelas dan ada spekulasi apakah mereka sudah bubar dan kemungkinan album ketiga.

Setelah beberapa penundaan, album ketiga “Vol 3 : The Subliminal Verses” dirilis pada 24 Mei 2004. Album ini menghasilkan empat singles diantaranya : “Duality”, “Vermillion”, “Before I Forget” dan “The Nameless”. Pada tahun 2006, untuk kedua kalinya mereka hiatus. Corey dan James kembali pada “Stone Sour”. Joey disibukkan oleh tur dengan beberapa band dan rekaman album ketiga “3 Inches Of Blood’s” yaitu “Fire Up The Blades”. Shawn mendirikan “Dirty Little Rabbits” dan Sid kembali sebagai DJ Starscream lagi.

Album keempat “All Hope Is Gone” dirilis pada 20 Agustus 2008. Menghasilkan empat single, “Psychosocial”, “Dead Memories”, “Sulfur” dan “Snuff”. Pada 9 September 2009 edisi khusus peringatan 10 tahun debut album “Slipknot” dirilis. Tapi sayangnya, lagi-lagi band ini hiatus. Corey mendirikan “Junk Beer Kidnap Band” dan kembali ke “Stone Sour” bersama James. Shawn terus sibuk dengan “Dirty Little Rabbits”. Joey kembali dengan “Murderdolls” dan menjadi drummer tetap yang baru untuk “Rob Zombie”. Chris Fehn Menjadi bassist untuk band metalcore “Will Haven”. Dan Dj Sid mendirikan band “Sid”.

Pada tahun 2010, bassist Paul Gray berencana tur dengan super-grup “Hail!”, tapi pada 24 Mei 2010 dia di temukan tewas karena over dosis morfin dan fentanyl di sebuah kamar hotel di Urbandale, Iowa.

Personil :
Sid Wilson (DJ, turntables)
Joey Jordison (drums)
Chris Fehn (percussions)
James Root (guitars)
Craig Jones (sampling)
Shawn Crahan (percussions)
Mick Thomson (guitars)
Corey Taylor (vocals)

Mantan Personil :
Donnie Steele (guitars)
Anders Colsefni (vocals, percussions)
Greg Welts (percussions)
Josh Brainard (guitars)
Paul Gray (bass)

Album :
Mate Feed Kill Repeat (1996)
Slipknot – Self Tittled (1999)
Iowa (2001)
Vol 3 : The Subliminal Verses (2004)
9.0 Live (2005)
All Hope Is Gone (2008)
Slipknot – 10th Anniversary Edition (2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s