Yang Boleh dan Tak Boleh Dimakan Menjelang Tidur

Posted: Desember 11, 2011 in Kesehatan
img
(Foto: thinkstock)

Apa yang Anda makan sebelum tidur dapat membantu tidur pulas atau malah justru membuat Anda tidak bisa tidur atau menyebabkan penumpukan lemak. Makanan apa saja yang sebaiknya dimakan dan dihindari sebelum tidur?

Menurut University of Maryland Medical Center, orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam waktu tidur malam, tetapi masih banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Padahal kurang tidur dapat menyebabkan kantuk sepanjang hari, perubahan suasana hati, nafsu makan meningkat dan berat badan naik.

Salah satu yang mempengaruhi kualitas tidur adalah makanan yang Anda konsumsi sebelum naik ke tempat tidur. Berikut makanan yang sebaiknya dimakan dan dihindari sebelum tidur makan, seperti dilansir Livestrong, Jumat (9/12/2011):

Makanan yang sebaiknya dimakan menjelang tidur

1. Kedelai
Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengandung banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Menurut National Sleep Foundation, triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.

2. Gandum utuh
Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah karbohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Karbohidrat kompleks membuat triptofan lebih mudah diakses di otak, menurut National Sleep Foundation. Selain roti gandum, Anda juga bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari beras merah nda oatmeal gandum.

3. Susu hangat rendah lemak
Produk susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju, dapat mempromosikan relaksasi karena mengandung karbohidrat dan triptofan. Untuk alasan ini, laporan yang dipublikasikan dalam American Journal of Nursing pada 2007 merekomendasikan bahwa pasien yang kesulitan tidur dapat diberi susu hangat rendah lemak sebelum tidur.

4. Buah dan sayur
Buah dan sayuran merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center. Buah dan sayuran yang baik dimakan sebelum tidur adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis Brussel, brokoli, artichoke.

Makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

1. Kafein
Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan jika dikonsumsi sebelum tidur, Anda mungkin merasa sangat sulit untuk tertidur, tergantung pada seberapa sensitif Anda dengan obat. Hindari kopi, teh, soda dan coklat sebelum tidur.

2. Makanan pedas dan bawang putih
Makanan pedas dan makanan yang mengandung bawang putih dapat berkontribusi pada heartburn (rasa panas pada dada) ketika dikonsumsi sebelum tidur, menurut Timothy Morgenthaler, MD.

3. Keripik dan makanan asin
Makan keripik atau makanan asin sebelum tidur dapat membuat perut kembung sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Selain itu, makanan asin juga menyebabkan Anda lebih sering ingin buang air kecil yang dapat mengganggu tidur.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan biasanya dianggap makanan sehat yang mengandung lemak tak jenuh dan protein. Namun kacang mengandung beberapa natrium, yang bisa dimakan sebelum tidur dapat menghambat kemampuan tubuh untuk tidur. Protein dan natrium bekerja dengan meningkatkan aktivitas otak, sehingga Anda tidak bisa cukup tenang untuk tidur.

5. Makanan tinggi gula dan lemak
Makanan yang tinggi gula dan lemak lebih sulit untuk dicerna tubuh, yang akhirnya membuat tidur tidak cukup nyaman. Gula juga dapat mengganggu siklus tidur karena menyebabkan ketidakseimbangan insulin dan memberikan ledakan energi.

Komentar
  1. muslimshares mengatakan:

    nice blog gan
    kalo berkenan mampir ke blog ane yuk sekalian tukeran link.

    salam,
    muslimshares
    http://muslimshares.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s