HTC Radar, Ungkap Potensi Terpendam Windows Phone 7.5

Posted: November 28, 2011 in News , Lifestyle , And Comunication

HTC Radar (eno/inet)
HTC Radar bisa dibilang sebagai ponsel pertama yang hadir dengan Windows Phone 7.5 di Indonesia. Lewat produk ini, sistem operasi paling anyar dari Microsoft itu mulai unjuk gigi.


Jika ditilik dari spesifikasinya, memang tak ada yang istimewa di dalam HTC Radar. Prosesor 1 GHz Scorpion, GPU Adreno 205, RAM 512 MB dan sistem operasi Windows Phone 7.5 aka Manggo. Namun jika menggunakan ponsel ini beberapa saat, pengguna akan menyadari bahwa ponsel ini memiliki banyak potensi terpendam.

Desain Unik dan Menawan

Siapa pun yang melihat ponsel ini pasti akan tertarik dengan desain yang diusung. Bentuknya mengusung desain unibody berbahan almunium silver yang dipadukan dengan bahan plastik berwarna putih. Sekilas, tampangnya mirip sekali dengan tablet PC HTC Flyer, tapi dengan ukuran yang lebih kecil.

HTC Radar memiliki bobot 137 gram (dengan baterai) dengan ukuran 120,5 mm (P) x 61,5 mm (L) x 10,9 mm (T). Terasa pas digenggam dan tidak berat di kantong, ditambah lagi produk ini menggunakan layar 3,8 inchi sehingga tidak terlalu sulit menggunakannya dengan satu tangan.

Di belakangnya tertanam sebuah kamera 5 MP wide-angle berukuran 28 mm lengkap dengan lampu LED, dan speaker. Sedangkan untuk navigasi hanya disediakan 3 touchpad di bawah layar yakni, Back, Home dan Search. Lalu di samping kanan terdapat tombol volume dan kamera.

Pada bagian kiri terdapat sebuah port mini USB yang dibiarkan telanjang tanpa penutup, sedangkan bagian atas produk ini terdapat sebuah tombol power yang juga berfungsi untuk mengunci, dan satu port audio 3,5 mm.

Interface Sederhana

Microsoft mengklaim bahwa Windows Phone 7.5 memiliki antaramuka yang sederhana namun tetap mampu mememnuhi kebutuhan penggunanya. Demikian pula dengan HTC Radar. Tampilan utama yang dibagi dalam bentuk kotak-kotak kecil yang terlihat dinamis karena terkesan ‘hidup’.

Untuk People Hub misalnya, bagian ini kerap menampilkan foto daftar kontak pengguna yang terintegrasi dengan Facebook dan Twitter. Lalu ada kotak Pictures yang menampilkan foto secara acak, makin seru karena ditambah Music dan Video dengan tampilan para artis di dalamnya. Cukup menghibur.

Masuk ke bagian dalam. Di sini terlihat sederet aplikasi yang di tampilkan secara vertikal sesuai dengan urutan abjad. Nah khusus untuk bagian ini, tampilannya justru terlihat menyulitkan karena makin banyak aplikasinya maka makin panjang daftar yang ditampilkan.

Namun untuk beberapa aplikasi tertentu akan masuk ke dalam folder khusus, seperti game yang secara otomatis dimasukan ke dalam sub menu Xbox Live atau YouTube yang tergabung dalam Music & Video.

Untuk membaca email disediakan fitur Linked Inbox yang berfungsi untuk menggabungkan seluruh email pengguna ke dalam satu wadah khusus, ini akan sangat berguna sekali ketika Anda memiliki akun email lebih dari satu. Selain mampu menerima email secara real time, aplikasi ini juga membuat email mudah sekali terbaca.

Layar Cemerlang

HTC Radar menggunakan layar sentuh Super LCD 3,8 inci beresolusi 480 X 800 pixel dengan kedalaman mencapai 226 ppi. Dilihat dari spesifikasi tersebut, tak heran jika produk ini mampu menampilkan gambar dengan cemerlang, bahkan di bawah terik matahari pengguna masih bisa membaca tulisan dengan mudah.

Makin mengesankan lagi ketika digunakan untuk menonton video singkat beresolusi 720p. Dari sini bisa terlihat bawah layar HTC Radar memiliki tingkat akurasi warna yang baik, tingkat cahaya yang pas, serta detail gambar yang mengesankan.

Kualitas Kamera
HTC Radar dibekali kamera 5 MP wide-angle berukuran 28 mm dengan embel-embel lensa f/2.2 dan sensor BSI. Tak heran jika ponsel ini diklaim bisa menangkap gambar dalam ruangan tanpa banyak terdistorsi, buktinya?

Ketika mengambil gambar di area outdoor hasilnya memang sangat mempesona, pun demikian pula di dalam ruangan di bawah cahaya lampu. Meski masih ada sedikit bintik-bintik di permukaan gambar, namun secara keseluruhan foto tersebut masih enak dilihat. Berikut adalah perbandingannya dengan HTC Desire S yang juga menggunakan kamera 5 MP.

Dengan HTC Radar

Dengan Desire S

Dukungan Aplikasi
Jika dibandingkan dengan Android, jelas Windows Phone kalah telak soal varian aplikasi. Tapi jangan khawatir, ponsel ini terlahir dengan sejumlah aplikasi yang cukup memadai.

Untuk memutar file multimedia di dalamnya sudah ditanamkan Zune, yang penggunaanya mirip dengan iTunes di iPhone. Pengguna harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Zune pada PC, baru bisa memasukan file musik dan video ke dalam ponsel untuk kemudian diputar.

Urusan olah pesan, di dalam ponsel ini sudah ditanamkan aplikasi sms yang sudah terintegrasi dengan Facebook Chat, Windows Live Messenger. Jadi sebelum mengetik pengguna bisa menentukan jenis pesan yang akan dikirim, mau berbentuk SMS atau chat.

Kemudian untuk olah dokumen di ponsel ini sudah tersedia Microsoft Office, meski terlihat sama dengan versi PC namun fitur di dalamnya lebih disesuaikan untuk ponsel agar lebih mudah digunakan. Lebih asyiknya lagi setiap pengguna bisa menyimpan dokumennya secara cloud melalui Skydrive.

Itu aplikasi bawaan Windows Phone 7.5, di dalam ponsel ini HTC membenamkan beberapa aplikasi tambahan seperti HTC Hub yang beisikan perkiraan cuaca, stock, hingga RSS berita dari situs tertentu. Lalu ditambah lagi Photo Enhancer yang bisa digunakan mengkoreksi hasil jepretan, kemudian adal Location. Aplikasi peta yang terhubung dengan Bing Maps.

Jika aplikasi bawaan masih dirasa kurang, pengguna masih bisa menjelajah Marketplace yang diklaim berisikan lebih dari 40 ribu aplikasi untuk Windows Phone.

Performa dan Daya Tahan Baterai

Windows Phone 7.5 hanya mendukung beberapa aplikasi saja yang bisa berjalan di belakang layar. Selain mengurangi beban kinerja sistem, metode seperti ini juga diklaim bisa membuat ponsel lebih hemat baterai.

Pengalaman detikINET yang menggunakan HTC Radar untuk keperluan komunikasi sehari-hari seperti email, menerima dan melakukan panggilan telepon, browsing hingga aktif di sosial media tidak pernah merasakan kendala apa pun.

Lalu bagaimana untuk bermain game dan menonton video? Game yang tersedia untuk ponsel ini memang tidak begitu banyak, sebagian besar yang ada merupakan buatan Microsoft. Sehingga dijamin, akan berjalan baik di HTC Radar.

Kemudian untuk menonton video, ponsel ini mampu memutar file berekstensi mp4 beresolusi 1280 X 720 pixel tanpa kendala.

Untuk membuka situs versi desktop yang memiliki animasi flash juga tidak dirasakan kendala berarti. Tapi untuk beberapa situs mobile, browser internet exploler yang ada di dalamnya produk ini terkadang tidak menampilkannya secara proposional.

Lalu soal daya baterai, meski hanya menggunakan Li-Ion 1520 mAh namun dengan pemakaian normal ponsel ini mampu bertahan paling tidak hingga sehari penuh.

Secara umum HTC Radar cukup mampu membuktikan bahwa sejatinya Windows Phone 7.5 memiliki banyak potensi besar sebagai sistem operasi yang bisa diandalkan. Hanya saja ada beberapa masalah kecil sedikit mengganggu penggunaan ponsel ini.

Misalnya saja akses jaringan yang tidak bisa dikunci pada satu jalur, 2G atau 3G seperti pada ponsel pintar lainnya. Lalu fungsi bluetooth yang terkadang sulit dihubungkan dengan ponsel lain, sehingga sulit berbagi file melalui koneksi ini. Kemudian ponsel ini juga tidak memiliki dukungan memori eksternal, jadi lupakan jika ingin mengupgrade kapasitas penyimpanannya.

Dibanderol dengan harga Rp 4,5 juta ponsel ini diharapkan bisa menjadi ‘pemanasan’ sebelum gempuran ponsel Windows lainnya hadir di Indonesia. Selain menawarkan desain yang menarik, HTC Radar juga menyodorkan sederet fitur yang tidak bisa diremehkan.

Kelebihan:
+ Desain menarik
+ Antaramuka sederhana
+ Kualitas kamera bagus

Kekurangan:
– Tidak mendukung memori eksternal
– Bluetooth terkadang sulit terkoneksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s