New Scorpio Z, Hasil Kolaborasi Yamaha MT-01 dan FZ 8

Posted: November 27, 2011 in Otomotif

OTOMOTIFNET – ‎PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akhirnya resmi meluncurkan generasi terbaru  dari Yamaha Scorpio Z. Namanya saja facelift, tentunya perubahan tampang pada motor menjadi yang utama. Perubahan tampang ini, diklaim oleh YMKI merupakan hasil penggabungan dua motor bergenre street fighter dari Yamaha.

“Tampilan baru ini merupakan hasil penggabungan tampang dua moge Yamaha street fighter, yakni MT-01 dan FZ 8 yang terkenal di Eropa,” jelas Muhamad Abidin, Manager Technical Dept. Service Division YMKI disela-sela peluncuran unit baru ini di restoran Le Bridge, Ancol pada Selasa (20/9).

Hal ini tampak dari headlamp multi reflektor lancip, yang diambil dari desain motor besar, FZ8 yang dikenalkan di Eropa belum lama ini. Asiknya, impresi futuristic langsung terasa begitu melihat perubahan lampu baru yang menggusur lampu bulat dari tipe sebelumnya.

Tak hanya itu, tampilan samping motor berbobot 141 kg ini juga disempurnakan dengan desain street fighter Eropa, Yamaha MT-01. Terlihat dari desain tangki yang kini dilengkapi tutup tangki sport. Serta shroud tank, dan bodi samping baru yang menambah kesan gagah.

Tentunya tampang baru ini membuat tampilan keseluruhan New Scorpio Z lebih garang dan sporty dibanding versi lawasnya. Apalagi sektor tampilan belakang juga menggunakan lampu berjenis LED. Lampu ini menggusur lampu lamanya yang masih berupa lampu bulb konvensional.

Bagian pembuangan, New Scorpio Z, tidak kalah gaya ketimbang Yamaha Byson. Motor ini juga telah mengaplikasi bentuk knalpot besar dan futuristic. Lebar diameter cakramnya pun dimodifikasi jadi lebih besar yakni, 267 mm. Selain bisa mendongkrak tampilan, juga mampu menambah sistem safety New Scorpio Z.

Sedang ubahan pada dapur pacunya YMKI hanya mengubah pengabut bahan bakar yang kini menggunakan karburator SU 30 mm. Sistem ini telah dilengkapi sistem dual katup seperti pada tipe skuter Xeon, yang bertujuan agar akselerasi mesin lebih cepat.

Sayangnya, motor ini masih memakai mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Yakni, mesin satu silinder SOHC berkapasitas bersih 223 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 18,2 dk pada 8000 rpm. Dan, mampu meraih torsi hingga 17,5 Nm di 6500 rpm. Tentu tenaga sebesar ini cukup mumpuni untuk dibawa turing keluar kota.

Untuk urusan pilihan warna, YMKI menawarkan tiga paduan warna garang, yakni warna merah, hitam dan putih yang saat ini sedang naik daun. Jadi lebih komplit bukan…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s