Busa dan Pelapis Rusak, Bikin Jok Terus Basah

Posted: November 27, 2011 in Otomotif

Busa dan Pelapis Rusak, Bikin Jok Terus Basah


Sobek bikin air ngendap di busa

Musim hujan sudah datang. Selain mempersiapkan diri dengan jas hujan, ada hal lain yang mesti diperhatikan. Jangan sampai hanya memperhatikan badan tapi kondisi motor malah dicuekin. Kalau sampai terjadi, wah artinya nggak sayang motor nih.

Karena sering dipakai harian, kadang kita tidak memperhatikan kondisi motor. Ketika musim hujan tiba, hal yang sering kita abaikan tadi malah bisa merugikan diri sendiri. Misalnya saja ketika tidak pernah mencermati kondisi pelapis alas pantat atau jok.

Akibat pemakaian, pelapis jok bisa sobek. Atau jika belum sampai sobek akan retak-retak. Jika motor diterpa hujan, akan timbul masalah. “Sudah pasti air akan masuk ke dalam busa jok dan akan tersimpan lama di dalam busa,” kata Hendy Wirawan dari Cabin, spesialis lapis jok motor dan mobil.

Jika air sudah nyelonong masuk ke dalam busa jok, dipastikan akan mengendap dan bertahan di dalam busa jok. “Akibatnya jok akan selalu basah meskipun sudah tidak ada lagi hujan,” yakin Hendy.

Kalau kejadiannya sudah begitu, siap-siap saja celana akan selalu basah ketika duduk di atas jok. Selain mengganggu kenyamanan, air tadi juga akan merusak kualitas busa jok. “Sehingga akan cepat rusak dan kadang juga bisa membuat bau busuk. Sangat tidak nyaman,” tambahnya.


Parah jika bagian dalam lampu sudah kotor seperti ini

Oleh karena itu perlu memperhatikan kondisi jok. Jika sudah ada retakan yang berpotensi sobek sebaiknya segera dilapis ulang atau ganti pelapis. Tindakan yang hanya menutup sobekan tadi dengan isolasi tidak membantu banyak. Air akan tetap masuk. “Baiknya gunakan bahan sintetis karena tidak tembus air,” beber Hendy.

Selain jok, hal lain yang acap lupa diperhatikan adalah mika lampu. Pada beberapa motor kadang reflektor lampu ini gampang renggang. Air masuk akan membuat kabut di reflektor yang berdampak sinar yang dipancarkan tidak akan sempurna.  (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s