Yoga untuk Menyelamatkan Bumi

Posted: November 23, 2011 in Kesehatan

Kelas yoga biasanya dimulai dengan pranayama, yaitu latihan pernapasan. Latihan ini dilakukan melalui hidung, tarik dan buang napas yang dalam untuk membawa kesadaran atas tubuh dan pikiran. Dengan memperhatikan napas, kita menetapkan tujuan berlatih yoga dan kita membuka diri terhadap energi yang akan mengalir ke dalam tubuh kita.

Bagi saya, latihan pranayama adalah latihan bersyukur. Kita selalu menerima napas seadanya dan tidak pernah benar-benar memperhatikan napas, saat menghirup oksigen maupun saat mengeluarkan karbon dioksida. Hanya pada saat sakit, flu misalnya, kita merasakan betapa napas kita sungguh berharga. Oleh karena itu, apabila kita mensyukuri napas, kita sesungguhnya mensyukuri hidup.

Saya baru saja mendapat pengalaman menakjubkan saat menghadiri The Climate Project Asia Pacific Summit pada tanggal 8-10 Januari 2011 di Jakarta. Acara tersebut merupakan pelatihan mengenai perubahan iklim dan solusi yang dapat kita ambil untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Sungguh beruntung, mantan wakil presiden Amerika Serikat, Al Gore, dan timnya menghadiri langsung untuk memberikan pelatihan tersebut.

Saya memiliki rasa kegundahan yang besar saat mendaftar acara tersebut, karena saya merasakan perubahan di lingkungan kita. Tidak hanya karena polusi yang sudah sangat berlebihan di Jakarta, tapi juga alam yang semakin sulit diprediksi dan sering menimbulkan bencana di negeri ini, mulai dari musim hujan yang berkepanjangan, banjir, angin kencang, gempa bumi, tanah longsor, dsb. Ada apa dengan bumi kita?

Polusi pemanasan global
Manusialah yang menyebabkan ini semua. Kita yang menyebabkan polusi di atmosfer sehingga “memerangkap” panas dan meningkatkan suhu di udara, lautan dan permukaan bumi. Polusi utama disebabkan oleh gas rumah kaca, yang menangkap panas dari bumi seperti halnya atap kaca yang menjebak panas dari dalam rumah kaca.

Sumber pemanasan global yang kedua adalah metana, yang dihasilkan dari industri ternak yang termasuk ratusan juga sapi, ayam, babi, dsb. Hewan-hewan ini menghasilkan methane saat mengkonsumsi tanaman (yang sebagian keluar dari kotoran mereka).

Solusi pemanasan global
Setelah kita mengetahui penyebab pemanasan global, kita tahu bahwa solusinya adalah dengan mengurangi polusi udara secara drastis. Hal ini dapat dilakukan di tingkat atas, yaitu pemerintah untuk mendukung pengembangan energi yang dapat diperbaharui (yaitu energi angin, surya, panas bumi, biomassa) dan mengurangi pembakaran hutan.

Namun, usaha ini tidak berhenti di situ. Kita juga dapat berkontribusi untuk memberikan solusi pemanasan global pada tingkat individu. Kita dapat menghemat energi di semua bidang kehidupan – di rumah, di dunia bisnis, di jalanan, dsb.

Atau, kita dapat memilih cara yoga untuk mengurangi konsumsi daging demi menghemat energi.

Bagaimana hubungannya dengan yoga?
Melatih kesadaran melalui yoga seperti membuka mata ketiga dapat membantu kita mengerti tidak hanya mengenai diri sendiri, tetapi juga bagaimana semua hal berhubungan satu sama lain. Melatih kesadaran memberikan pengetahuan dan pengertian terhadap kehidupan.

Latihan yoga yang teratur akan membantu kita memiliki pikiran yang jernih secara konstan. Akan ada kesadaran tidak hanya terhadap yoga tersebut, tetapi juga hidup sehat. Kita mengerti bahwa hidup sehat tidak hanya secara fisik (yaitu olahraga, diet, dsb), tetapi juga secara mental (yaitu pola hidup).

Lebih jauh lagi, hidup sehat tidak hanya tergantung pada diri sendiri, tetapi juga pada lingkungan. Saat kita mulai menerapkan pola hidup sehat terhadap diri sendiri, kita akan mulai meluaskan standar tersebut kepada keluarga, teman dan komunitas kita. Maka dampaknya akan besar ke lingkungan kita.

Oleh karena itu, mari kita terus berlatih yoga dan meluaskan kesadaran kita. Mari kita ambil manfaat dari yoga tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga menyebarkannya ke komunitas kita. Mari kita salurkan hasrat hidup sehat sebagai faktor pendukung dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik. Mari kita transformasikan perhatian terhadap pemanasan global menjadi solusi untuk menyelamatkan bumi.

*penulis adalah pengajar yoga di Rumah Yoga Jakarta dan The Climate Project Presenter 2011

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s