Adu Hebat iPhone 4S vs Samsung Galaxy SII

Posted: November 13, 2011 in News , Lifestyle , And Comunication

Apple Inc. baru saja meluncurkan iPhone seri terbarunya, iPhone 4S. Publik pun merespon dengan baik, yang bisa dilihat dari lebih dari satu juta pembeli di tujuh negara yang memesan iPhone 4S di hari pertama penawarannya (pre-sale).

Untuk menyaingi iPhone 4S, Samsung dan Google juga mempersiapkan peluncuran Nexus Prime. Tapi, peluncuran yang awalnya direncanakan 11 Oktober ini ditunda, sebagai penghormatan dan tanda duka atas kematian pendiri Apple, Steve Jobs.

Tapi, Samsung masih memiliki Samsung Galaxy S II, yang masih dianggap sekelas dengan iPhone 4S. Bahkan, Galaxy S II dinobatkan sebagai ponsel terbaik tahun 2011 dalam T3 Award.

Samsung Galaxy S II menjadi “Phone of The Year” dalam ajang yang dicetuskan oleh majalah teknologi asal Inggris T3, setelah mengalahkan iPhone 4. Selain T3, laman teknologi TechRadar juga menyebut Samsung Galaxy S II sebagai ponsel terbaik, dan mengalahkan iPhone 4.

Lalu bisakah Samsung Galaxy S II bertahan sebagai yang terbaik dan mengalahkan iPhone 4S. Berikut merupakan perbandingannya, seperti dikutip dari Apple Insider:

Kecepatan:

Samsung Galaxy S II menggunakan prosesor Dual Core 1,5 atau 1,2 GhZ. Tapi sepertinya iPhone 4S sedikit unggul dengan prosesor A5 Dual Core produksi Apple.

Namun, iPhone 4S kalah dalam jaringan, karena masih menggunakan 3G (HSPA 14,4). Sedangkan Galaxy S II menggunakan jaringan 4G.

Spesifikasi:

iPhone 4S lebih baik dalam display, dengan layar Retina Display dan resolusi 960×640, dibanding layar Super AMOLED Plus dan resolusi 800×480. Tapi ukuran layar Galaxy S II lebih besar, yaitu 4,3 inch, jika dibandingkan layar 3,5 inch iPhone 4S.

Untuk kamera, kedua ponsel ini sama-sama memiliki 8MP. Tapi kamera Galaxy S II lebih unggul, yaitu 2MP, jika dibandingkan iPhone 4S yang hanya VGA. Untuk video pun, Galaxy S II memiliki 1080p High Profile, dibandingkan iPhone 4S yang hanya 1080p.

Tapi fitur Siri yang ada di iPhone 4S memang menjadikan kelebihan iPhone 4S, walau masih dalam versi beta. Sedangkan, Galaxy S II juga memiliki fitur aktivasi suara Vlingo.

Penggunaan:

Galaxy S II memiliki berat yang lebih ringan, hanya 4,3 ons, jika dibandingkan iPhone 4S yang 4,9 ons. Tapi dimensi iPhone 4 S terhitung lebih kecil dan tipis dari Galaxy S II.

Untuk baterai, kedua ponsel ini mengklaim punya daya tahan sama, dengan durasi 8 jam waktu bicara. Tapi, baterai di Galaxy S II bisa dicopot dan diganti, tidak seperti iPhone.

Konten:

Untuk aplikasi, jelas Android lebih unggul dibanding iOS dalam hal tersedianya banyak pilihan lokasi unduh, bisa dari Android Market, atau app-store pihak ketiga (seperti Samsung Apps). iPhone hanya bisa mencari app di AppStore. Tapi perlu diingat, AppStore memiliki lebih dari 500.000 app.

Selain app, Galaxy S II juga bisa digunakan sebagai remote control untuk HD-TV, terutama yang juga diproduksi Samsung.

Lainnya:

Untuk memori, iPhone 4S tidak memiliki eksternal storage. Tak hanya itu, harga pun disesuaikan dengan internal storage, semakin besar storage, akan semakin mahal. Untuk yang termurah 16GB, dibanderol harga US$199, sedangkan yang termahal 64GB harganya US$ 399.

Adapun harga Galaxy S II berkisar US$199 – 229. Galaxy S II memiliki internal storage 16GB dan memungkinkan eksternal storage walau hanya bisa hingga 32GB.

Untuk memperjelas perbandingan, berikut tabelnya:

Komentar
  1. guna wirawan mengatakan:

    ini kedua ponsel, sementara cuman mimpi saja bagi saya..hehehe
    coba operator di Indonesia ada kontrak provider dalam penjualannya, pasti murah seperti diluar sana. Harga terendah $199 x 10ribu(misal) = 1.990.000 rupiah. cukup murah kan…
    kalau disini diatas 5 jutaan dah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s